guess

Minggu, 01 Maret 2009

YuK sPa di ruMaH

Kalau lagi liburan sekolah atau kuliah dan nggak ada rencana hang out or clubbing bareng teman, mendingan merawat tubuh dengan cara praktis dan murah. Yep, spa di rumah! So, kita bisa manjain diri tanpa harus keluarin banyak uang.

Selain merupakan bagian penting dari perawatan tubuh, spa juga bertujuan untuk menenangkan pikiran dan relaksasi tubuh lewat beberapa tahap perawatan. Nah, sebelum memulai, sebaiknya siapkan dulu hal-hal berikut:



- Handuk bersih ukuran besar dan kecil, baskom, serta bathrobe kalau ada.

- Kursi yang nyaman dan nggak terlalu tinggi.

- Lilin-lilin beraroma untuk dinyalakan di sekeliling kamar mandi agar tercipta suasana nyaman.

- Air putih secukupnya atau teh herbal kalau kita haus.

- Masker wajah dan lulur tubuh yang sesuai jenis kulit kita.

- Koleksi CD favorit yang diputar saat perawatan. Mestinya sih disesuaikan dengan ritme kegiatan, misalnya musik yang up beat saat kita menggosok tubuh dan slow saat berendam.

- Atau siapkan majalah edisi terbaru dan novel kesayangan yang belum selesai dibaca.

- Matikan Hp dan tempel ‘don’t disturb’ pada pintu kamar tidur atau kamar mandi.

- Sebaiknya kita jelasin dikit ke Nyokap atau si Mbok tentang kegiatan ini biar mereka nggak kebingungan saat kita berlama-lama di kamar mandi tanpa suara.

Step 1:
Bangun pagi, segera minum tiga gelas besar air putih, menyikat gigi dan mencuci muka. Setelah itu, diam sejenak dan cobalah menikmati sekitar kita. Bisa juga dengan berjalan ke teras untuk menghirup udara pagi. Berolahraga kecil selama 10 menit juga oke. Setelah agak berkeringat, mandi seperti biasanya.

Step 2:
Perawatan pertama adalah membersihkan wajah. Gunakan sabun muka dengan butiran halus yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Kemudian basuh muka dengan handuk berserat halus. Lalu masker wajah dengan produk yang sesuai atau buah-buahan racikan sendiri. Diamkan masker tadi selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat diikuti dengan air dingin.

Step 3:
Untuk melancarkan sirkulas darah, kita bisa menyikat tubuh dalam keadaan kering. Caranya dengan memakai sikat bergagang panjang dan bergerigi agak keras. Sikat bagian kaki hingga paha, lalu perut dan pusar dengan tarikan panjang ke arah dada/jantung. Lakukan juga pada bagian lengan dan turun hingga bagian dada dengan gerakan melingkar.

Step 4:
Bubuhi dan pijat tubuh, terutama bagian-bagian lipatan, dengan lulur badan atau garam mandi. Gunanya untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Gosok perlahan mulai dari bagian kaki dan terus keatas dengan gerakan melingkar. Bilas setelah didiamkan selama lima menit. Keringkan tubuh dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk berserat halus.

Step 5:
Giliran rambut yang kita manjain. Gunakan bahan hair spa yang sudah jadi atau dibuat sendiri, misalnya dengan alpukat yang telah dihancurkan dan diberi sedikit campuran mayones. Oleskan secara perlahan dan merata pada rambut, pijat lembut selama 10 menit, lalu balut kepala dengan handuk yang telah direndam air panas. Sambil menunggu, dengarkan saja CD sambil membaca majalah atau novel.

Kalau ada, berendam dalam bathtub yang sudah diisi dengan air hangat untuk relaksasi. Atau tuangkan air panas dalam beberapa ember, lalu letakkan mengelilingi tubuh supaya uapnya kena ke tubuh kita. Nyalakan lilin beraroma. Sekalian, gunakan kantong teh celup herbal untuk menyegarkan daerah mata.

Setelah berendam (atau “mandi” uap) selama 20 menit, basuh badan dengan air hangat dan bilas rambut dengan air hangat. Lakukan bersih-bersih itu sambil memijat-mijat pelan bagian tubuh dan kepala. Setelah itu, keringkan dengan handuk tebal atau pakai bathrobe.

Step 6:
Biar tambah seru, oleskan pelembap dari dahi hingga ujung jari kaki. Khusus wajah, gunakan pelembab wajah yang sesuai jenis kulit kita. Saat pengolesan, pijat kulit dengan lembut agar pelembab meresap.

Step 7:
Giliran perawatan kuku. Siapkan baskom yang telah diisi air hangat. Beri satu tetes minyak lavender dan geranium (atau sesuai selera), lalu aduk hingga merata. Rendam kaki dan tangan dalam air itu selama 10 menit, lalu keringkan. Kalau ngerasa potongan kuku nggak rapi, bisa dirapikan saat kuku dalam keadaan lembab.

Nah, selesai deh. Aduh… ternyata capek juga yah setelah melakukan perawatan tubuh seharian. Waktunya tidur, nih. Selain memberi waktu buat tubuh untuk beristirahat, tidur juga sangat baik untuk kecantikan. Sebaiknya, mencuci kembali wajah dan menyikat gigi. Matikan lampu kamar dan nyalakan lilin beraroma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner